Friday, April 26, 2024
spot_img

36.000 Hektar Hutan KEL Rusak

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kepala Badan Pengelola Kawasan Ekosistem Leuser (BPKEL), Fauzan Azima, menyatakan, Rabu, bahwa sedikitnya 36.000 hektar hutan tutupan di KEL rusak akibat penebangan liar dan pembangunan jalan di lintasan hutan lindung tersebut.

Chaideer Mahyuddin/File/ACEHKITA.COM
Chaideer Mahyuddin/File/ACEHKITA.COM
“Kerusakan hutan di KEL dalam lima tahun terakhir mencapai 36 ribu hektare, itu artinya setiap tahun mengalami kerusakan 7.200 ha atau setara 8.700 kali luas lapangan bola kaki,” katanya dalam rilis yang diterima acehkita.com.

Bila dipersentasekan, tambahnya, kerusakan hutan di KEL selama lima tahun terakhir sebesar 1,8 persen dari luas keseluruhan atau rata-rata 0,36 mengalami deforestasi (hilangnya tutupan hutan secara permanen maupun sementara).

Dia menambahkan, awal tahun 2005 luas tutupan hutan di KEL 1.982.000 hektar dan akhir 2009 mengalami deforestasi, sehingga luasnya tinggal 1.946.000 hektar.

BPKEL mendapatkan data kerusakan hutan itu dengan menggunakan metode penginderaan jauh, yaitu interprestasi citra satelit LANDSAT (USGS/NASA).

Berdasarkan citra satelit, kata dia, diketahui daerah-daerah yang mengalami kerusakan sangat parah, yakni Rawa Tripa (Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat Daya), Rawa Kluet (Aceh Selatan), daerah Karang Baru dan Manyak Payed (Kabuapten Aceh Tamiang), Lawe Mamas dan Lawe Alas (Aceh Tenggara), dan lintasan Peunaron-Lokop Serbajadi (Kabupaten Aceh Timur).

Selain akibat ilegal logging dan pembangunan jalan, kata Fauzan, kerusakan itu juga terjadi karena pembukaan lahan perkebunan, pertambangan, perambahan, transmigrasi dan bencana alam longsor.

Menurut dia, BPKEL saat ini sedang melakukan langkah-langkah strategis untuk menahan laju kerusakan hutan diantaranya dengan mengintensifkan monitoring terpadu, baik dari darat maupun udara termasuk pengambilan gambar melalui satelit. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU