2010, Pemkab Aceh Jaya Bertekad Perluas Akses Pendidikan

0
826

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Dinas Pendidikan Aceh Jaya bertekad memperluas akses pendidikan sederajat SMA bagi warga di sana pada 2010, untuk mewujudkan program wajib belajar hingga SMA bagi masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan Mustafa, perwakilan Dinas Pendidikan Aceh Jaya, dalam talkshow pendidikan di Lamno, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Kamis (18/2). Takhswoh itu bagian penutupan try out siswa SMP dan SMA/sederajat di Kecamatan Jaya, yang dilakukan sejak Senin lalu.

“Fokus pemerintah di tingkat SMA/sederajat, menyangkut perluasan akses. Sementara di tingkat SMK, akan lebih menambah sarana dan prasana penunjang belajar di Aceh Jaya,” katanya dalam rilis dikirim ke acehkita.com.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sana, kata dia, Pemerintah Aceh Jaya tahun ini juga akan dibangun SMA unggul di Lamno, dengan sumber anggaran dari dana otonomi khusus. “Saat ini proses pembangunan sudah sampai pada tahap pengumuman pemengang tender dan kami targetkan akan selesai pada tahun ini,” ujarnya.

Sementara Isra Safril dari GeRAK Aceh, yang ikut jadi pembicara di talkshow itu meminta Pemerintah Aceh Jaya tak hanya focus pada pembangunan fisik dan perluasan akses pendidikan saja, tapi juga harus bertekad meningkatan mutu pendidikan.

Menurutnya, peningkatan mutu pendidikan di Aceh Jaya masih bermasalah, karena belum meratanya penempatan guru bidang study di sekolah-sekolah di sana. Banyak guru yang merangkap ngajar mata pelajaran lain. “Pemerintah juga harus memperhatikan peningkatan mutu guru,” ujar Isra.

Ia meminta Pemerintah mengalokasikan dana yang lebih besar untuk sektor pendidikan, dibanding belanja aparatur. “Alokasi yang ada selama ini hanya besar bagi belanja aparatur dan sisanya baru untuk pembangunan fisik akses pendidikan dan program peningkatan mutu pendidikan.”.

Try out siswa SMP dan SMA/sederajat di Kecamatan Jaya untuk menguji kemampuan sekaligus susialisasi Unjian Nasional bagi para siswa di sana, digelar Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Lamno (Ipemal). “Diikuti oleh lebih 500 peserta,” kata Feri Alfian, ketua Ipemal.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.