Friday, May 20, 2022
spot_img

2 Harimau Sumatera Ditemukan Mati Terjerat Kawat di Aceh Timur

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Dua ekor harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) ditemukan mati di kawasan hutan sekitar PT Aloer Timur, Desa Sri Mulya, Kecamatan Peunaron, Aceh Timur, Minggu (24/4/2022), dengan kondisi kaki terjerat kawat.

Kapolres Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat melalui Kaposlek Serbajadi Iptu Hendra Sukmana mengatakan, pihaknya memperoleh informasi dari petugas Forum Konservasi Lauser (FKL).

Setelah mendapatkan Informasi tersebut, Kapolsek Serbajadi bersama sejumlah anggota polisi dan anggota Koramil 01/Pnr (Peunaron) menuju ke lokasi.

Sesampainya di lokasi terdapat dua harimau, terdiri satu ekor induk betina dan satu ekor jantan diduga anaknya mati dengan kondisi kaki kedua harimau tersebut terjerat kawat tebal.

‘Dugaan sementara kedua harimau tersebut mati terkena jeratan babi, karena saat ditemukan kondisi kaki kedua harimau tersebut terjerat dengan jenis jerat kawat tebal atau yang biasa disebut sling,” ujar Hendra dalam keterangan tertulisnya.

Selanjutnya, pihaknya bersama Koramil 01/Pnr dan petugas FKL mengamankan lokasi sambil menunggu tindak lanjut dari Unit Identifikasi Satreskrim Polres Aceh Timur dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Atas kejadian ini, Kapolres Aceh Timur mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak memasang jerat dengan alasan apapun, karena itu membahayakan untuk satwa termasuk satwa yang dilindungi dan dapat dikenai sanksi sesuai Pasal 40 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,501FollowersFollow
23,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU