Thursday, March 28, 2024
spot_img

DPRA Cabut Gugatan Terhadap KIP

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — DPR Aceh mencabut gugatan terhadap Komisi Independen Pemilihan Aceh yang kini tengah disidangkan di Mahkamah Konstitusi. Pencabutan itu dikarenakan DPR merasa kecewa dengan Mahkamah Konstitusi.

Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah menyebutkan, pencabutan gugatan itu karena disebabkan Badan Musyawarah DPRA tidak meyakini lagi MK dapat memberikan keputusan yang fair terkait kasus ini.

“MK telah terpasung dengan putusan-putusan yang telah diberikan sebelumnya,” kata Hasbi pada konferensi pers di Media Center DPRA, Kamis sore.

Pada November lalu, Hasbi Abdullah mendaftarkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Hasbi menggugat KIP dalam kasus sengketa antarlembaga negara. Pada 2 Desember lalu, Mahkamah Konstitusi menyidangkan perdana gugatan ini.

Pencabutan gugatan itu dilakukan DPRA melalui email. Pada Kamis (15/12) pukul 14.30 WIB, DPRA mengirimkan surat Nomor 180/2827 ke email Mahkamah Konstitusi.

“Surat juga akan kami antar ke MK. Karena besok kami akan ke Jakarta untuk menghadiri peresmian mes Pemda Aceh. Jadi sekalian kami antar surat ini,” ujar Hasbi.

Hasbi mengaku kecewa dengan putusan Mahkamah Konstitusi dalam menangani perkaran gugatan terhadap sengketa pilkada yang diajukan TA. Khalid dan Fadhlullah. “Jadi harapan agar MK dapat memberikan keputusan yang mamou menyelesaikan konflik pilkada Aceh tidak dapat diharapkan lagi,” sebut Hasbi.

DPRA juga menilai Mahkamah Konstitusi tidak berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memahami semangat perdamaian Aceh. “MK condong mengabaikan kewenangan khusus Aceh sesuai dengan UUPA yang semestinya dijamin UUD 1945,” lanjut Hasbi.

Lantas, apakah DPRA akana mengakui tahapan pilkada yang disusun KIP? “DPRA tetap tidak mengakui tahapan pilkada,” ujarnya. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU