129 Pulau di Aceh Belum Bernama

0
1062

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh Teuku Bachrum Manyak menyebutkan, terdapat 129 pulau di Provinsi Aceh yang belum mempunyai nama.

“Selain belum mempunyai nama, pulau-pulau itu juga tak berpenghuni,” kata Bachrum Manyak pada diskusi bersama wartawan di Kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh, Rabu (2/11) siang.

Menurut Bachrum Manyak, ke-129 pulau-pulau kecil tak bernama dan berpenghuni itu berada di sepanjang perairan Aceh. “Pulau-pulau itu merupakan pulau terluar,” ujarnya.

Ia mendesak Pemerintah Pusat untuk segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah untuk mengatur keberadaan pulau-pulau terluar yang ada di Aceh.

“Ke-129 pulau itu sudah didata dan diusulkan ke Pusat untuk segea disahkan dan diberinama dengan PP,” lanjut mantan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Aceh itu.

Meski secara administrasi negara belum bernama, menurut Bachrum, pulau-pulau itu telah mempunyai nama lokal pemberian masyarakat yang berdekatan dengan pulau tersebut.

Bachrum berharap Pemerintah Pusat memberikan perhatian serius bagi penanganan pulau-pulau terluar Aceh dan Indonesia, yang berbatasan dengan negara lain. “Kita mendesak agar Pemerintah Pusat dan juga Daerah untuk segera mengambil langkah terkait pulau terluar itu. Sampai sekarang belum ada penyelesaian terhadap pulau-pulau yang ada di Aceh,” lanjutnya. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.