12 Tahun Tsunami Aceh, Warga Mengingat dengan Doa

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sejak pagi, satu persatu warga berdatangan ke kuburan massal Ulee Lheu, Meuraxa Banda Aceh, Senin 26 Desember 2016. Mereka berdoa untuk keluarga dan kerabatnya yang menjadi korban tsunami 12 tahun silam.

Warga terlihat duduk membaca yasin di dalam komplek perkuburan tersebut. Mereka lesehan di atas rumput dan juga di pinggir jalan yang membelah areal tersebut menjadi dua.

Nurmala, salah saorang warga Pidie mengaku mendatangi tempat itu untuk berdoa mengenang anaknya yang meninggal saat tsunami. “Dulu anak saya kuliah di Banda Aceh, meninggal saat tsunami,” ujarnya yang datang bersama suami dan anak-anaknya yang lain.

Sama halnya dengan Yulian, warga yang dulunya tinggal di Ulee Lheu. Dia yang kehilangan istri dan tiga anaknya tersebut juga larut dalam doa di kuburan massal. “Saya setiap tahun kemari untuk berdoa.”

Di lokasi itu juga digelar doa bersama yang dihadiri oleh Plt Gubenur Aceh, Soedarmo dan sejumlah pejabat lainnya. Usai berdoa, mereka tampak menabur bunga di komplek tersebut sebelum menuju Masjid Ulee Lheu, tempat puncak peringatan 12 tahun tsunami.

Dalam sambutannya, Soedarmo mengatakan perintagatan 12 tahun tsunami dapat mendorong masyarakat Aceh agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana sebagaimana tema peringatan tsunami tahun ini, yaitu: “Majukan Negeri, dan Bangun Budaya Siaga Bencana di Masyarakat.”

Menurutnya, sangat manusiawi jika warga bersedih mengenang peristiwa dahsyat tersebut. Tetapi tidak tepat jika kita hanya membayangkan kesedihan dari musibah, penting untuk memetik pelajaran dari peristiwa itu sebagai landasan untuk menata diri lebih baik ke depan. “Salah satu pelajaran itu adalah perlunya mendorong agar masyarakat Aceh peduli tentang masalah kebencanaan.”

Di Masjid Ulee Lheu, warga juga menggelar doa bersama untuk korban tsunami. Sementara tausyiah disampaikan oleh Rektor UIN Arraniry, Prof Farid Wajdi. []

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.