100 Murid Dilatih Pertolongan Pertama

0
676

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Seratusan siswa dari 28 sekolah di Banda Aceh dan Aceh Besar mendapat pelatihan teknik pertolongan pertama di Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC), Kamis (9/2). Pelatihan ini untuk membangun kesiapsiagaan bencana dan pengurangan risiko di sekolah.

Para siswa berasal dari sekolah tingkat SD, SMP dan SMA di dua daerah tersebut. Selain pelajar, para guru juga mendapat pelatihan serupa. Para peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan dalam bentuk simulasi penanganan pertolongan pertama tersebut.

Kepala Unit Pendidikan dan Pelatihan TDMRC Mukhlis A. Hamid, mengatakan, pelatihan ini turut melibatkan empat tim medis dari Puskesmas Meuraxa dan Peukan Bada, Aceh Besar, Palang Merah Remaja dan unit Kesehatan Sekolah.

Pengetahuan yang diberikan dalam pelatihan itu berupa anatomi, penanganan pendarahan, syok, luka bakar, dan pemindahan penderita.

Mukhlis menyebutkan, pelatihan ini berguna untuk peningkatan sekolah siaga bencana. Sebab, jika ada bencana di sekolah tersebut, pertolongan pertama bisa dilakukan oleh para siswa dan guru di sekolah tersebut.

Koordinator Sekolah Siaga Bencana Peukan Bada Faisal, menyatakan saat ini sekolah-sekolah di bawah binaannya telah memiliki jalur evakuasi dan prosedur tetap penyelamatan yang telah diuji.

“Kita berharap ke depan sekolah-sekolah sudah terbiasa dan siaga sebelum, saat, dan sesudah bencana terjadi sehingga dapat mengurangi korban jiwa.” Pada saat normal, guru dan murid mampu melakukan tindakan darurat. []

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.